Konsep dasar teknologi informasi dan komunikasi

Konsep dasar teknologi informasi dan komunikasi

Konsep dasar teknologi informasi dan komunikasi


Konsep dasar teknologi informasi dan komunikasi

  1. 1. KONSEP DASAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
  2. 2. dengan TIK kita dapat…. 1. Meningkatkan kualitas SDM & IPM 2. Menyebarluaskan Informasi (secara luas, cepat, efektif, & Efisien) 3. Menunjang keberhasilan praktik kegiatan Pembelajaran.
  3. 3. Ruang Lingkup TIK Menurut Puskur Kemendiknas, TIK mencakup 2 Aspek: 1. Teknologi Informasi : segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan penegelolaan informasi. 2. Teknologi Komunikasi : Segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data
  4. 4. Revolusi Dunia Pendidikan (Eric Ashby) Revolusi pertama Orang menyerahkan pendidikan anaknya kepada seorang guru Revolusi ke dua Digunakannya tulisan untuk tujuan pembelajaran Revolusi Ke Tiga Revolusi Ke empat Materi pembelajaran disajikan melalui media cetak Radio & TV untuk pemerataan & perluasan pendidikan Revolusi Ke Lima Digunakannya TIK (Komputer & internet) dalam kegiatan pendidikan
  5. 5. KOMPONEN INFORMASI a. Root of Information (komponen inti) b. Bar of Information (badan informasi) c. Branch of Information (informasi yang di pahami) d. Stick of Information (cabang informasi) e. Bud of Information (informasi semi mikro) f. Leaf of Information (informasi pelindung)
  6. 6. Jadi TIK adalah… peralatan elektronika yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak serta segala kegiatan yang berkaitan dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi antar media
  7. 7. PENGERTIAN 1. Teknologi : cara dimana kita menggunakan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis. 2. Informasi: fakta atau apapun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi. 3. Komunikasi: suatu proses penyampaian pesan dari satu pihak ke pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi antara keduanya.
  8. 8. Sejarah Perkembangan TIK 1. Masa Pra Sejarah (… s.d. 3000 SM) Pada masa ini, mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan di dindingdinding gua. Komunikasinya hanya berupa dengusan dan isyarat tangan.
  9. 9. 2. Masa sejarah (3000 SM s.d. 1400-an M) Untuk pertama kalinya tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria. Huruf ini mempunyai bentuk bunyi yang berbeda penyebutan sehingga mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa.
  10. 10. 3. Masa Modern (1400an M s.d. Sekarang) Pada masa ini ditemukan telegraf dan bahasa sandi morse yang memungkinkan informasi dapat diterima dan dipergunakan tanpa dirintangi oleh ruang, jarak, dan waktu. Sekarang sudah ditemukan Komputer yang lebih canggih yang diharapkan dapat dikembangkan dalam dunia pendidikan.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Konsep dasar teknologi informasi dan komunikasi ini dipublish oleh Unknown pada hari Senin, 31 Agustus 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Konsep dasar teknologi informasi dan komunikasi
 

0 komentar:

Posting Komentar