Ini Adalah Fakta : Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Bagi Kehidupan Manusia



Ada dampak positif dan negatif teknologi yang disadari dan tidak disadari pula oleh mayarakat. Semua asyik tenggelam di dalamnya. Berikut ini akan dijelasakn dampak positif dan negatif teknologi yang ada di kehidupan manusia.

Dampak Positif Teknologi

1. Mempercepat Arus Informasi

Dampak positif teknologi yang pertama dan utama adalah mempercepat arus informasi. Tak dapat dipungkuri arus informasi memang sangat cepat semenjak adanya teknologi informasi, bahkan bisa dikarakan tak dapat lagi dikontrol. Dengan semua smartphone dan kuota internet, Anda bisa mencari informasi apapun. Serasa dunia berada dalam genggaman tangan.

2. Adanya Media Sosial/Mempermudah Komunikasi

Dengan banyaknya sosial media yang ada, bisa memperlancar proses komunikasi satu orang dengan orang yang lainnya. Tak perlu lagi mengirim surat ke kantor pos seperti jaman dulu kala. Jika jaman dulu harus menunggu beberapi hari untuk mendapatkan balasan, dengan teknologi jaman sekarang, cukup beberapa detik saja sudah sampai di penerima.

3. Sebagai Media Hiburan

Jika ingin mencari, banyak sekali hiburan yang bisa diakses melalui internet. Buka saja youtube.com, maka Anda akan menemukan berbagai macam aneka macam video. Carilah video yang lucu semacam stand up comedy. Anda juga bisa mendowloadn berbagai macam film dan music jenis apapun. Game online juga tersedia banyak. Tinggal pilih saja.

4. Sharing dan Berbagi File

Berbagai macam file seperti foto, lagu, maupun dokumen bisa dengan mudah di share melalui internet. Anda bisa berbagi file dengan teman yang berada di luar negerpun sudah bisa. File terkirim dengan cepat hanya hitungan detik saja. Bahkan sekarang Andasudah bisa menyimpan banyak dokumen di internet melalui google drive atau cloud storage.

5. Mempunyai Banyak Dampak Positif untuk Penddikan

Di bidang pendidikan, dampak positif teknologi sangat terasa. Materi pelajaran dan semua informasi yang terkait dengannya menjadi mudah untuk didapatkan. Sehingga akan sangat membantu untuk meningkatkan efektivitas untuk setiap siswa dan guru. Adanya laptop juga mempercepat mahasiswa serta guru untuk menyelesaikan semua tugas-tugasnya.

6. Sebagai Tempat Jual Beli Online

Melalui internet banyak toko online yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Banyak yang senang karena proses belanja menjadi lebih mudah, cepat, dan sangat praktis. Melalui online shop, banyak juga terserap tenaga kerja.

Dampak Negatif Teknologi

1. Malas Bersosialisasi

Dengan adanya teknologi seperti gadget yang banyak aplikasi media sosialnya, membuat orang malas bersosialisasi. Semua orang cenderung lebih menyukai ber-chat ria daripada mengobrol secara langsung. Ini merupakan Dampak negatif teknologi yang sangat berbahaya karena bisa menimbulkan sifat individualis.

2. Meningkatkan Penipuan

Penipuan yang marak terjadi adalah melalui toko online. Sudah banyak sekali kasus penipuan yang terjadi, maka dari itu berhati-hatilah ketika berbelanja di toko online yang belum terpercaya.

3. Banyaknya Content Negative

Content Negative dalam hal ini adalah bullying, video porno, berita hoax, dan lain sebagainya.

4. Menurunkan Prestasi Belajar

Dampak negatif teknologi yang selanjutnya adalah menurunkan prestasi belajar siswa. Jika Anda sebaga orang tua, maka jangan lupa untuk selalu mengawasi putra putri yang sedang senang berman gadget. Banyak siswa yang keasyikan bermain game online hingga larut malam melupakan kewajibannya sebagai pelajar.

Dengan teknologi yang super canggih saat ini, diharapkan semua orang mengetahui dampak positif dan negatif teknologi, sehingga bisa menggunakannya secara bijak. Agar manfaatnya bisa diperoleh dan tidak merugikan orang lain yang ada di dekitarnya.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Ini Adalah Fakta : Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Bagi Kehidupan Manusia ini dipublish oleh Unknown pada hari Senin, 02 Januari 2017. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Ini Adalah Fakta : Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Bagi Kehidupan Manusia
 

0 komentar:

Posting Komentar